Thursday, June 13, 2013

Merawat Batrai Smartphone

Beberapa hari yang lalu hp saya istirahatkan untuk sementara waktu di dalam lemari, kira-kira hampir 2 minggu lebih, karena pada saat itu saya lagi malas menggunakan hp touchscreen, sebut saja galaxy wonder. Karena saya bosan menggunakannya, berhubung batrai juga boros maka saya taruhlah di dalam lemari kebetulan saya juga sibuk dengan aktifitas diluar jadi saya tidak sempat untuk membawa HP tersebut karena ukurannya begitu besar dan ribet untuk dibawanya.
Setelah agak longgar saya iseng-iseng menghidupkan hp, beberapa hari saya gunakan hp tersebut, namun rasanya ada yang aneh dengan batrai saya. Mengapa cepat sekali drop batrainya, baru beberapa jam saya gunakan cepat sekali batrai ini habis. Pada saat itu saya belum curiga sama sekali. Namun beberapa hari menggunakan hp tersebut saya iseng – iseng membuka casing HP, ternyata oh ternyata batrai HP saya hamil begitu saja, betapa mirisnya melihat HP hasil keringat sendiri. Tp tidak apalah semuanya sudah terjadi. Hahaha

Nah ini dia tips buat teman-teman semua agar batrai handphone anda tidak cepat boros atau rusak seperti punya saya :
  1. Saat pertama membeli handphone cas lah HP anda minimal 6 jam dalam keadaan mati. Hal ini sangat penting dilakukan agar memori dalam batrai terisi dengan baik dan awet digunakan.
  2. Gunakanlah charger asli bawaan handphone anda karena setiap charger memiliki tegangan yang berbeda-beda. Hal ini sering sekali di lupakan oleh para pengguna smartphone, resikonya adalah batrai akan cepat overheat dan kehilangan memory penyimpanan batrainya.
  3. Ketika menyimpan HP dalam jangka waktu lama lepaslah batrai dari HP agar tidak terjadi arus listrik yang mengakibatkan batrai kembung.
  4. Charger lah HP ketika indicator sudah lemah, dan usahakan ketika mengecas HP dalam keadaan mati dan cabutlah ketika batrai sudah terisi penuh.
  5. Jangan gunakan HP ketika melakukan charging
  6. Gunakan batrai original karena lebih aman untuk handphone.
  7. Tambahan! Untuk batrai yang udah ngedrop cobalah untuk menaruh batrai di dalam freezer selama 20jam. Kataanya sih bisa membuat batrai menjadi lebih irit. Karena ketika di taruh didalam freezer ion-ion di dalam batrai seolah-olah kembali kesusunan awal pertama kali menggunakan batrai. Semoga berhasil.
Previous Post
Next Post
Related Posts

0 comments: