Thursday, June 13, 2013

Tips Agar Modem Tidak DC dan Stabil





Kali ini saya akan berbagi tips tentang menjaga modem agar stabil dan tidak mudah disconect. Sahabat bloger semuanya pasti jengkel ketika sedang asik-asik berinternetan ria tiba-tiba modem disconnect begitu aja. Ternyata penyebabnya adalah modem yang overheat. Seperti pada modem smartpren yang sangat panas sekali jika digunakan berinternetan. Baru beberapa menit eh modem mati begitu aja. Kejadian ini sering sekali dialami oleh para pengguna modem smart.
Klo gitu langsung aja simak tips agar modem anda tidak mudah disconnect dan internet lancar.
Sebelum memulai tips siapkan terlebih dahulu bahan-bahannya
1.      USB extender : usb ini berguna untuk memudahkan modem dalam mencari sinyal dan mengurangi panas modem.
2.      FAN heatsink : kipas yang biasanya kita jumpai pada pc kalian. Atau bisa beli di toko computer seharga 10.000
3.      Kabel usb yang tidak terpakai : usb ini untuk disambung ke fan heatsink

Oke, klo semua bahan sudah lengkap kita langsung saja membuat pendingin modem.
Pertama, buka kabel usb yg tidak terpakai tersebut menggunakan cutter, di dalam kabel kalian akan menemui 4 buah kabel yang berwarna-warni. Kalian cukup memilih kabel berwarna merah dan hitam saja. Karena hitam dan merah merupakan kabel penghantar listri pada usb.
Setelah itu sambung kabel usb yg berwarna merah dan hitam tersebut ke fan heatsink, pada fan juga terdapat kabel berwarna merah dan hitam sesuaikan dengan warnanya. Klo udah berhasil kita tes terlebih dahulu apakah kipas berputar atau tidak.
Setelah kipas berputar lalu isolasi kabel tersebut agar aman dan tidak terjadi konsleting. Kemudian ambilah modem lalu pasang modem dengan fan tadi, ikat menggunakan karet atau tali pengikat agar modem aman. Lalu pasang modem ke usb extender dan selamat berinternetan.
Tips ini sudah lama saya gunakan untuk modem smart dan alhasil modem tidak pernah disconnect dan modem selalu dingin kayak di dalam kulkas. Hehe.

#barang-barang tersebut menggunakan barang bekas dari pc, hanya USB extender yang beli.
Previous Post
Next Post
Related Posts

0 comments: