Friday, September 18, 2015

Tips Video HDSLR: Lensa yg cocok untuk videografi

Membahas masalah lensa tidak akan ada habisnya karena banyak sekali lensa - lensa DSLR mulai harga murah hingga harga mahal, semua itu tentunya harus di sesuaikan dengan kebutuhan dan budget masing - masing, jika memiliki budget tidak terbatas maka hal ini tidak akan menjadi masalah karena anda bebas memilih semua lensa sesuai dengan keinginan anda, namun untuk para penghobi dan pemula dengan keterbatasan budget pemilihan lensa untuk Video DSLR menjadi sangat penting karena kebutuhan foto dan video itu sangatlah berbeda meskipun terlihat sama tetapi pada dasarnya sangatlah berbeda, yang menjadi sama adalah basic dari videografi adalah photography jadi untuk mempelajari videografi ada baiknya anda haruslah menguasai dasar fotografi agar ketika mempelajari videografi anda telah paham tentang segitiga exposure, komposisi, angle dan lain - lainnya.



Kembali membahas masalah lensa, untuk mendapatkan kualitas gambar yang baik disini saya menyarankan untuk membeli lensa yang bisa menghasilkan gambar tajam, mengapa saya menyarankan begitu karena pada video kita sulit memaksimalkan ketajaman gambar beda dengan foto yang tinggal menaikan sharpennya, video terdiri dari banyak frame per second sehingga pemilihan lensa yang tajam menjadi sangat perlu.

Kemudian pencahayaan menjadi sangat penting karena kita melukis dengan cahaya jadi ini merupakan hal yang penting, untuk lensa gunakanlah lensa dengan bukaan minimal f2.8, karena akan sangat nyaman digunakan pada keadaan low light, tanpa perlu membawa banyak lampu ketika shooting cukup dengan membawa beberapa lampu portable produksi video anda akan berjalan.



Untuk ukuran lensa sebaiknya disesuaikan kebutuhan dari setiap produksinya, untuk standart produksi yang telah saya lakukan adalah yang pertama adalah lensa wide yaitu 28mm kebawah mengapa saya menyarankan menggunakan lensa 28 karena ketika kita produksi didalam ruangan yg sempit lensa 28 ini sangat berguna dan nyaman digunakan dan busa mengambil komposisi yang bagus, kita bisa menggunakan lensa tokina 11-16mm 2.8 tetapi perlu diingat lensa super wide akan memberikan efek distorsi yang membuat objek terlihat aneh, maka kalian harus benar2 pintar memilih lensa serta anglenya. lensa fish eye juga bisa digunakan untuk menghasilkan angle unik dan menarik tp ini bukan lensa wajib, lalu lensa 35mm/50mm mengapa saya memilih kedua lensa tersebut karena ini merupakan lensa ideal bagi para pengguna DSLR lensa ini memiliki bukaan 1.8 dan harganya cukup murah sehingga mudah dijangkau. kemudian untuk lensa tele kita bisa menggunakan lensa 85mm, 105mm, atau lensa 70-200mm ini merupakan lensa tele yang wajib di miliki ketika kita harus mengambil gambar secara close up untuk mendapatkan detail detail gambarnya.

Kesimpulannya adalah pada penggunaa lensa untuk Video DSLR lebih kepada pemilihan lensa Fix karena lensa tersebut memiliki keuntungan diafragma yang besar sehingga lebih banyak cahaya yang masuk ke sensor, kemudian menghasilkan gambar yang tajam disertai bokeh sehingga dapat menghasilkan gambar - gambar cantik. Untuk penggunaan indor saya sarankan untuk menggunakan diafragma minimal f2,8 dengan available light kita sudah bisa mendapatkan gambar yang cukup cahaya, untuk mendapatkan dimensi maka tinggal tambahkan sedikit cahaya saja. Jika budget anda terbatas untuk membeli lensa maka lensa wajib yang harus anda miliki adalah lensa 50mm f1.8 dengan harga 1jtan anda sudah bisa menghasilkan gambar sekelah holywood. kemudian mulailah untuk menabung membeli lensa 28mm karena ini sangat membantu anda mengambil gambar di segala medan.

Previous Post
Next Post
Related Posts

2 comments:

muhammadrosyidlubisblogspot.com said...

Sangat bermanfaat bagi saya!

apip rea pakalangan said...

Jadi pertimbangan penting dalam memilih lensa.